ilustrasi

Cara Menjadi Netizen Anti-Hoax

Cara Menjadi Netizen Anti-Hoax | Idliteratur.com NETIZEN: suatu istilah yang tidak asing di jumpai ketika kita aktif berselancar di dunia internet. Istilah ini dipopulerkan oleh Michael F; (1990), dalam tulisannya, The Net and Netiens: The Impact the Net Has on People’s Lives.

Netizen merupakan sebutan bagi penghuni aktif (warganet) komunitas online di Internet. Biasanya bisa ditemui di sosial media, blog, dan situs sharing video. Adanya berita-berita viral merupakan peran nyata dari para Netizen.

Pada dasarnya para Netizen berupaya menjaga kebebasan dan keterbukaan informasi yang ada di Internet. Namun terkadang hal itu kebablasan, tidak jarang informasi/berita yang di viralkan adalah berita bohong yang menyesatkan (HOAX).

Lalu bagaimana cara menjadi Netizen anti-hoax ?

Prinsipnya, menjadi netizen yang anti-hoak dapat menerapkan berapa tips berikut ini:

Berpikir Kritis

Cermati setiap informasi dengan membaca secara utuh berita. Jangan mengambil kesimpulan hanya dari membaca judul berita. Berita hoax biasanya dapat dikenali dari beberapa hal sebagai berikut:

  1. Diawali dengan kata-kata heboh (sugestif)
  2. Kerap mencatut nama tokoh-tokoh publik dan Lembaga-lembaga terkenal
  3. Kerap disertai dengan hasil penelitian palsu
  4. Tidak muncul di situs berita arus utama (mainstream)
  5. Biasanya disertai dengan penulisan huruf kapital dan tanda seru yang berlebihan

Cek dań Ricek Informasi

Ketika mendapatkan informasi yang memiliki ciri-ciri tersebut di atas, sebaiknya Netizen melakukan cek dan ricek informasi yang disiapkan untuk membantu netizen untuk mengidentifikasi informasi hoax atau fakta. Berikut situs yang bisa di gunakan:

Toleran dan Sabar

Perilaku yang semstinya dikedepankan ketika menerima suatu informasi sambil melakukan langkah-langkah tersebut di atas. Hindari membawa perasaan (baper) dan bedirilah di atas kejujuran dan kebenaran dalam memilih informasi atau berita yang layak untuk disebar luaskan (share).

Demikianlah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjadi netizen yang anti hoax. Semoga artikel ini bermanfaat.

Author: admin