aplikasi chatting yang aman itu seperti ini

Cara Memilih Aplikasi Chatting Yang Aman, Pastikan Ada 6 Fitur Ini !

Cara Mengetahui Aplikasi Chatting Yang Aman | Idliteratur.com – Hampir setiap hari, kita berkomunikasi dengan orang lain yang terhalang jarak dan waktu. Cara yang sering Kita gunakan adalah melalui aplikasi chatting atau jejaring sosial.

Di era digital saat ini, ada berbagai aplikasi/platform yang menyediakan layanan perpesanan instan/langsung untuk memudahkan kita berkomunikasi. Platform/aplikasi yang dimaksud, lebih dikenal dengan istilah aplikasi chatting.

Beberapa aplikasi chatting yang familiar antara lain; WhatsApp, Facebook Messenger, Telegram, Line, WeChat, Discord, Signal, Skype, Slack dan sebagainya.

Namun sering terjadi kebocoran data akibat aplikasi chatting yang tidak aman untuk pengguna, akhirnya data-data dari pengguna ini dapat disalah gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu pentingnya bagi Kita untuk memilih aplikasi chatting yang aman untuk digunakan.

Tahukah kamu aplikasi chatting yang aman digunakan untuk menjaga privasimu ? harusnya di dukung oleh fitur berikut ini:

1. Sistem Enkripsi End-to-end

Sistem ini memeberikan jaminan bahwa hanya kamu dan orang yang kamu tuju yang bisa melihat atau membaca atau mendengar percakapan yang dikirimkan, bahkan aplikasi Chatting itu sendiri tidak dpat melakukannya.

Hal ini disebabkan karena sistem enkripsi, pesan percakapanmu diamankan dengan sebuah kunci dan hanya penerima yang kamu tuju yang memiliki kunci special yang diperlukan untuk membuka atau mengaksesnya

2. Verifikasi 2-Faktor

Fitur ini memeberikan kamu pilihan untuk membuat akunmu lebih aman di aplikasi chatting. Saat diaktifkan kamu bisa membuat PIN untuk masuk ke dalam akunmu.

Jika ada seseorang yang tidak bertanggungjawab mencoba masuk ke akunmu dia memerlukan PIN tersebut. Untuk itu fungsi dari verifikasi 2-faktor atau verifikasi dua langkah ini menjadi salah satu fitur yang sangat di perlukan ada di aplikasi chatting.

3. Pengaturan Privasi

Fitur-fitur dalam pengaturan privasi dapat mengatur akun kamu menjadi “privat”, seperti tanda pesan untuk dibaca, status dan foto profil hanya dapat di lihat oleh kamu dan fitur ini juga dapat membatasi orang lain yang ingin menambahkan kamu ke dalam sebuah group percakapan.

Dengan fitur privasi ini dapat mengontrol aktivitasmu di aplikasi chatting agar tidak dapat dilihat oleh siapapun secara sembarangan karena Anda sendirilah yang dapat mengontrol visibilitas data akun di aplikasi chatting.

4. Seperangkat Pelaporan

Saat kamu menerima pesan dari orang yang tidak kamu kenal untuk pertama kalinya kamu akan memiliki opsi untuk melaporkan nomor tersebut langsung di dalam obrolan. Kamu juga dapat memiliki opsi atau pilihan untuk memblokir jika kamu merasa tidak nyaman atau terancam.

Selain itu jika ada seseorang yang mencoba mengakses akun chatting, maka secara otomatis akan terdapat laporan yang memberitahukan aktivitas tidak wajar pada aplikasi chatting.

5. Peringatan Log-in

Untuk melindungi akunmu, aplikasi akan memberikan notifikasi seperti peringatan ketika ada seseorang seseorang yang mencoba mendaftarkan menggunakan no ponselmu.

Jangan pernah membagikan kode verifikasi atau kode OTP kepada orang lain agar keamanan akunmu tetap terjaga. Hal ini sering terjadi ketika seseorang ingin membajak akunmu.

6. Pesan Sementara (Disappearing Messages)

Dengan mengaktifkan pesan pesan sementara pesan yang kamu kirimkan dalam menghilang dengan sendirinya. Fitur ini sangat membantu untuk mengontrol pesan kamu pada aplikasi Chatting.

Fitur pesan ini biasa digunakan agar pesan-pesan penting tidak dapat di ketahui oleh orang lain. Sebab, saat Anda mengirim pesan.. teks tersebut akan hilang sendirinya sesuai dengan pengaturan yang telah Anda buat.

Seperti itulah cara memilih aplikasi chatting yang aman untuk digunakan, pastikan terdapat beberapa fitur yang ada pada daftar di atas. Sebenarnya semua aplikasi chatting sangat wajib menerapkan sistem keamanan, namun tidak semua aplikasi memiliki sistem yang dapat di andalkan oleh itu Kita dapat memilih ingin menggunakan aplikasi chatting yang mana.

Author: admin