CARA JUAL BELI BITCOIN DI INDODAX

Cara Jual Beli Bitcoin Buy/Sell Di Indodax Biar Untung Maksimal !

Cara Jual Beli Bitcoin Di Indodax | Idliteratur.com – Pada sebelumnya Kita sudah membahas mengenai apa itu bitcoin dan bagaimana cara mendapatkannya, kemudian tidak lupa bagaimana cara daftar dan buat akun trading di Indodax.

Baca juga : Cara Daftar di Indodax, Verifikasi, dan Cara Mendapatkan Keuntungan

Pada kali ini Kita akan masuk ke tahap bagimana cara melakukan jual beli bitcoin atau melakukan tindakan “Buy” dan “Sell” agar mendapatkan keuntungan. Nah, langkah ini akan memberikan Anda strategi dasar untuk trading Bitcoin, namun sebelumnya kenali dulu istilah-istilah dalam trading bitcoin di Indodax.

Istilah dan Fitur-fitur Trading Bitcoin Di Indodax

Pertama sebagai seorang trader pemula, Anda perlu memahami istilah-istilah dalam trading bitcoin ataupun cryptocurrency (altcoin) lainnya di Indodax berikut ini.

Deposit dan Witdrawals

Deposit adalah melakukan setoran dana berupa IDR (Indonesian Rupiah) ke dalam akun untuk dapat membeli atau menukarkan dana ke mata uang kripto seperti Bitcoin dan altcoin lainnya. Sedangkan, Witdrawals adalah tindakan untuk melakukan penarikan baik itu berupa aset uang-fiat IDR ataupun melakukan penarikan saldo koin yang tersedia pada akun.

Saldo/Balance

Saldo atau balance adalah keseimbangan dana yang Anda miliki pada akun yang telah di deposit oleh Anda untuk mulai berdagang mata uang kirpto. Saldo ini dapat berupa mata uang Rupiah ataupun dalam bentuk saldo yaitu koin kripto yang telah Anda beli.

Market Koin

Market adalah fitur yang menampilkan daftar mata uang cryptocurrency di mulai dari Bitcoin hingga seluruh altcoin yang tersedia untuk dapat di perdagangkan.

Dalam market terdapat beberapa fitur tab yaitu perdagangan IDR/Crypto, USDT/Crypto, Devirative, Stable Coin (koin yang cenderung stabil) dan juga koin DeFi.

Fitur Jual Beli Kripto

Fitur jual beli adalah fitur yang akan Anda gunakan untuk memulai trading di Indodax. Fitur ini terdiri dari beberapa fungsi yang dapat Anda gunakan, antara lain fungsinya:

  • Beli. yaitu langkah pada saat Anda akan membeli sebuah aset kripto untuk di perdagangkan.
  • Jual. langkah sebaliknya yaitu pada saat Anda siap untuk menjual aset kripto.
  • Order Type. yaitu pada saat Anda mentukan tindakan jenis order, didalamnya terdiri dari 3 istilah yaitu limit, market/instant, dan stop.
    • Limit Harga adalah harga perdagangan yang Anda tentukan sendiri dengan tindakan buy/sell.
    • Market/Instant adalah saat Anda membeli aset secara instant tanpa melihat perbandingan harga terlebih dahulu, dan akan memutuskan melakukan tindakan buy/sell secara otomatis mengikuti harga yang tersedia.
    • Stop atau TP/SL adalah metode untuk melakukan pembelian atau penjualan aset kripto dengan cara menargetkan harga pembelian atau penjualan.
  • Market Jual. yaitu adalah daftar harga aset kripto yang tersedia “untuk di beli” di market trading.
  • Market Beli. adalah daftar harga aset kripto yang tersedia “untuk di jual” pada market trading.
  • Riwayat Transaksi. merupakan aktivitas Anda selama melakukan jual beli aset kripto di Indodax.
  • Aktivitas Market. yaitu adalah aktivitas dimana semua orang melakukan trading baik pembelian (Buy) dan penjualan (Sell).

Itulah beberapa istilah dan fitur-fitur yang tersedia di market trading Indodax, Anda perlu memahami fungsi-fungsinya secara teliti agar tidak menjadi kerugian untuk Anda sendiri.

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Sebagai Kreator NFT

Selain itu terdapat fitur tambahan yaitu wallet untuk melihat saldo atau aset kripto Anda secara keseluruhan dan voucher untuk mengubah dana rupiah Anda menjadi sebuah kode unik voucher yang dapat di pindahtangankan.

Nah, jika sudah paham sampai sini maka mari Kita lanjut bagaimana cara jual beli bitcoin di Indodax agar mendapatkan untung maksimal, berikut ini caranya.

Cara Trading Jual Beli Bitcoin Di Indodax

  • Pastikan Anda telah melakukan Deposit atau melakukan Setoran
  • Kita akan mulai dari contoh dana Rp.100.000.000 untuk trading di Indodax
  • Silahkan pilih aset yang akan Anda beli di Indodax, misalnya Bitcoin
  • Kemudian masukan total rupiah yang akan Anda gunakan untuk membeli Bitcoin
  • Pada “Limit Price” silahkan tentukan target harga koin yang akan Anda beli. Contohnya pada saat itu Anda membeli bitcoin pada harga atau limit price Rp.600.000.000 dengan nominal Rp.100.000.000.
  • Anda akan mendapatkan Bitcoin dalam persenan sathoshi sebagian dari 1 Bitcoin yaitu mendapatkan ( 0.166) BTC.
  • Kemudian harga BTC/IDR naik dari Rp.600jt ke Rp.1 Miliar, Pada saat ini Anda bisa melakukan tindakan “SELL” atau menjual aset Bitcoin milik Anda
  • Pada langkah ini saldo Anda akan menjadi Rp.166jt lebih yang artinya Anda mendapatkan keuntungan sebesar Rp.66.666.660 atau sekitar 65.66% yaitu dari harga BTC yang Anda beli sebelumnya adalah Rp.600 juta, kemudian pada saat harga BTC naik menjadi Rp.1 Miliar Anda akan mendapatkan keuntungan.

Naik turunnya harga aset kripto mengikuti faktor-faktor tertentu seperti kenaikan harga di semua bursa trading crypto dan juga karena invesetasi besar-besaran pada koin tersebut. Selain itu aktivitas perdagangan orang lain juga dapat menjadi faktor utama kenapa harga mata uang kripto bisa meningkat.

Baca Juga : Thetan Arena, Game Penghasil Crypto Yang Terbukti Membayar 2022

Seperti itulah cara jual beli Bitcoin di Indodax yang dapat Anda lakukan dengan mudah. Pada dasarnya ini merupakan strategi yang bisa di contoh pemula atau investor jangka panjang untuk melakukan pembelian dan penjualan pada aset kripto seperti Bitcoin.

Author: admin