menggunakan aplikasi chat saat bencana alam terjadi

Cara Bijak Menggunakan Aplikasi Chat Saat Bencana Alam Terjadi

Cara Bijak Menggunakan Aplikasi Chat Saat Bencana Alam Terjadi | Idliteratur.com – Indonesia merupakan salah satu negara yang rawan akan bencana alam. Saking seringnya terjadi bencana, Indonesia memiliki catatan dengan kasus bencana alam terbanyak.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sepanjang Tahun 2021 mencatat setidaknya 1.805 bencana alam.

Permasalahan yang sering muncul tidak saja terhadap kerusakan harta benda atau fasilitas umum masyarakat. Akan tetapi, juga mencakup peredaran informasi mengenai bencana alam.

Tersebarnya informasi palsu atau keliru (HOAX); baik berupa tulisan, foto maupun video yang dibagikan melalui berbagai aplikasi chat seperti Whatsapp maupun Line membuat netizen semakin panas dan membicarakan hal yang belum tentu benar kepastiannya.

Mengatasi permasalahan di atas, dirasa penting untuk mengetahui bagaimana cara tanggap dan bijak menggunakan aplikasi Chat saat terjadinya bencana alam.

Cara Bijak Menggunakan Aplikasi Chatting Saat Bencana Alam

1. Pastikan Validitas Informasi

Pastikan bahwa informasi yang anda akses benar-benar telah teruji kebenarannya, sebelum mengambil sikap atau Tindakan selanjutnya.

Misalnya website resmi pemerintah https://www.bnpb.go.id, dan juga kominfo https://www.kominfo.go.id atau portal-portal berita nasional dan hindari mencari informasi dari sumber yang kurang jelas (blog pribadi)

2. Bandingkan Berbagai Sumber

Lakukan perbandingan (komparasi) informasi bencana alam yang anda dapatkan melalui aplikasi Chat seperti WhatsApp atau Line dengan Informasi resmi dari berbagai institusi terkait

Apabila dari hasil membandingkan terdapat perbedaan yang mencolok sebaiknya tidak di share  karena bisa jadi itu berita bohong (HOAX).

Ingat tahan tindakan anda untuk membagikan informasi tersebut ke group-group WhatsApp, Line, dan aplikasi chatting lain yang anda miliki sebelum informasi yang anda dapatkan benar-benar akurat.

3. Waspada Informasi Bohong

Jangan mudah terkecoh pada informasi yang disertai gambar atau Video di dalamnya

Pastikan gambar atau video mengenai bencana alam yang anda terima itu gambar yang baru dan berasal dari Badan Meteorologi Krimatologi Geofisika (BMKG).

Karena tidak sedikit yang ditemukan gambar atau video yang dishare merupakan kejadian lama yang di upload ulang.

4. Buat Opini Baru

Cara agar hoax tidak segera menyebar adalah dengan cara membuat topik atau opini baru.

Opini baru ini bertujuan untuk mengarahkan informasi yang sesungguhnya agar orang-orang dapat mengetahui realita yang sebenarnya.

Seleksi informasi bencana alam adalah aktivitas yang perlu kita lakukan secara teliti khususnya ketika terjadi bencana alam. Hal ini terkait proses pemilihan informasi bencana yang dapat diandalkan melalui aplikasi Chat.

Demikianlah beberapa cara menggunakan aplikasi chatting dengan bijak saat terjadinya bencana alam. Pastikan bahwa Anda selalu memilah terlebih dahulu jika mendapatkan informasi mengenai hal ini sebelum tersebar dan menjadi sebuang berita bohong.

Author: admin